mengenal stackoverflow.com

Opini Kalimat paling populer ketika seseorang ditanya tentang sesuatu yang di anggap meyulitkan untuk dijawab adalah ” Cari aja diGoogle!”. Kalimat tersebut  memberikan gambaran bahwa Google adalah solusi untuk semua pertanyaan. Kenyataannya tidak demikian, Google hanya sebuah mesin pencari yang menunjukan “alamat” untuk jawaban untuk pertanyaan kita. Sama juga dengan pertanyaan seputar pemrograman /coding, Google kurang pintar dalam masalah ini. Setiap kita mengetikan pencarian terkait permasalahan teknis coding google akan merujuk kesebuah website yang bernama “stackoverflow.com“.

Stackoverflow adalah website Question & Answer (tanya jawab) yang fokus kepada permasalahan teknis yang dihadapi programer. Satu hal yang pasti, anda harus bertanya dalam bahasa inggris, dalam mencari solusipun harus menggunakan bahasa inggris. Mudahnya Stackoverflow adalah website forum mirip kaskus, namun sangat berbeda dari sisi kontent dan cara kerjanya. Ingin lihat kelebihan Stackoverflow.

Syarat mengajukan pertanyaan di stackoverflow

  1. Pertanyaan harus dalam bahasa inggris
  2. bertanya perkara spesifik masalah pemrograman, ingat harus masalah CODING
  3. bertanya seputar algoritma, teknik coding dan tool pengengembangan software

Yang tidak diperbolehkan 

  1. Bertanya tanpa usaha terlebih dahulu, anda harus menunjukan bahwa anda sudah berusaha, namun tetap gagal.
  2. Perbandingan produk atau rekomendasi produk
  3. Diskusi, chit chat dan gosip apalagi flamewar tidak diperkenankan.
  4. Segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan coding dan software development.

Catatan penting lain, anda tidak boleh mengajukan pertanyaan  yang sama persis dengan pertanyaan orang lain sebelumnya. Cari dulu apakah ada orang lain yang sudah bertanya, cek dulu ada jawabannya atau tidak. Pertanyaan seperti ini akan di “Closed”. Pertanyaan yang tidak relevan juga akan di “closed”. Di closed artinya user lain tidak bisa berkomentar atau memberi solusi karena memang pertanyaan anda tidak berkualitas atau tidak relevan dengan coding.

Anda boleh bertanya untuk segala macam bahasa pemrograman, beda banget dengan forum forum yang hanya fokus ke satu bahasa pemrograman tertentu. Semakin banyak anda memberi jawaban, makin tinggi rating anda dan kemungkinan anda bisa dapat “proyek” dari stackoverflow karena reputasi anda.

Leave a comment